Minggu, 29 September 2013

OLIMPIADE

Asal Mula Olimpiade
Asal Mula Olimpiade GadisSetiap empat tahun sekali, bangsa-bangsa di dunia berkumpul dan saling berkompetisi dalam pesta olahraga yang disebut Olimpiade. Tapi, sebenarnya gimana sih awalnya bisa muncul ide buat bikin event yang paling ditunggu oleh para atlit dunia ini?

Menurut catatan sejarah, Olimpiade pertama kali diadakan pada 776 Sebelum Masehi oleh bangsa Romawi. Meskipun begitu, banyak orang percaya tradisi Olimpiade sudah lama diadakan sebelum itu. Hercules, anak dari Zeus diduga yang memulai Olimpiade untuk menghormati ayahnya.  Pada Olimpiade pertama itu hanya ada satu cabang yang dilombakan, yaitu lomba lari 192 meter yang dimenangkan oleh Coroebus, seorang koki.

Sejak saat itu, Olimpiade terus berkembang sampai pada tahun 393 Masehi, Kaisar Roma Theodosius I menghapuskan kompetisi ini, karena dianggap menyembah berhala dan dewa-dewa. Olimpiade pun menghilang selama 1,5 abad sampai akhirnya seorang bangsawan Perancis bernama Pierre de Coubertin.

Pierre percaya bahwa salah satu cara buat membentuk pribadi yang baik nggak terlepas dari olahraga. Makanya, dia berusaha keras untuk membujuk petinggi-petinggi negara buat kembali mengadakan Olimpiade. Pada tahun 1894, dia mengadakan sebuah pertemuan dengan 79 delegasi yang mewakili 9 negara. Delegasi-delegasi itu setuju untuk mengadakan Olimpiade dan meminta Pierre membentuk International Olympic Commitee. Komisi ini kemudian menunjuk Athena sebagai lokasi diadakannya Olimpiade.

Sejak saat itulah, pesta megah para olahragawan ini resmi dilahirkan kembali. Tentu saja supaya semakin berkembang, jumlah cabang olahraga yang dilombakan dan jumlah negara yang berpartisipasi semakin banyak. Marissa - Foto: Paul J.Sutton/Clickphotos/Corbis, Dimitri Iundt/Clickphotos/Corbis

sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/asal.mula.olimpiade/001/007/649

Tidak ada komentar:

Posting Komentar